DIY Playhouse dengan Impraboard

Posted by PT Kreasi Dasatama on 19 Mar 2019 News & Event
diy playhouse impraboard karton plastik Posted by PT Kreasi Dasatama on 19 Mar 2019 News & Event

Berawal dari ide bagaimana membuat playhouse yang mudah dan bisa jadi ruang bermain, belajar bahkan ruang tidur anak, akhirnya jadi juga playhouse.

Anda tertarik untuk membuatnya juga? Berikut ini cara membuat dan bahan-bahannya.


Bahan-bahan: 

  • 5 buah impraboard ukuran besar dan ketebalan sekitar 4 mm (untuk dinding rumah)
  • 2 buah impraboard ukuran besar dan ketebalan yang lebih tipis dari dinding yaitu sekitar 2-3 mm (untuk atap), sebaiknya warna transparan
  • 2 buah impraboad ukuran kecil aneka warna untuk dinding
  • Aneka kertas warna untuk hiasan
  • Lakban warna warni (untuk menyambung impraboard) terdiri dari 2 ukuran yaitu ukuran besar dan kecil


Alat-alat: 

  • Gunting
  • Cutter
  • Lem/Double tape


Cara Membuat:

Pertama-tama kita pilih bagian dinding mana yang akan terdapat pintu, jendela, rak jendela, dsb.

Untuk membuat pintu, impraboard dipotong sesuai bentuk daun pintu, dan disambung kembali menggunakan lakban warna pada bagian "engsel" nya.  Tujuan dari bagian pintu dipotong dan bukan dilipat saja, yaitu agar pintu mudah dibuka tutup.

Kemudian "handle" untuk membuka pintu dibuat dari impraboard yang dibentuk persegi panjang kecil dan dilem satu sama lain sebanyak 4-5 lapis.

Cara termudah membuat jendela adalah dengan menempelkan lakban warna ukuran kecil membentuk jendela 4 kotak, dan kemudian bagian "kaca" nya dipotong dengan cutter sehingga terdapat 4 lubang sebagai jendela rumah.

Untuk membuat jendela yang ada raknya dan bisa dipergunakan untuk meletakkan pot bunga, foto, dll.

Jika semua dinding rumah sudah dibuatkan pintu, jendela, rak sesuai keinginan si kecil, saatnya kita menyambung semua bagian dinding dengan lakban, jangan lupa sambungan dibuat di bagian depan dan belakang. Pada sambungan antar dinding bisa diberikan jarak sekitar 4-5 mm agar impraboard dapat leluasa dilipat ke luar/ke dalam. Atau bisa juga impraboard dirapatkan (tidak perlu diberikan jarak) kemudian disambung dengan lakban, setelah itu ditekuk ke dalam dan bagian luar sambungan kembali ditutup dengan lakban.

Bagian atap dibuat dari impraboard besar dilipat menjadi 2 bagian. Bagian luar atap dilapisi dengan kertas warna warni. Untuk menyambung dengan bagian dinding, pada bagian atap dan dinding dibuat sayatan.


Sumber: https://theurbanmama.com/articles/diy-playhouse.html